Selasa, 08 April 2014

Potensi Wisata Mempawah Pontianak

Letak geografis Kabupaten Pontianak yang berada di daerah pesisir mengakibatkan daerah tersebut memiliki potensi wisata yang berlimpah. baik wisata alam, juga kaya akan wisata budaya dan kuliner.

Kasi Dinas Perhubungan, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Pontianak, Arhanudin mengatakan, wilayahnya yang memiliki luas yang cukup besar memiliki potensi wisata yang sangat banyak dan beragam.

Meski begitu, belum bisa semuanya dioptimalkan secara menyeluruh dibandingkan beberapa yang sudah dioptimalkan. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama dengan pihak swasta. Sebab yang langsung dikelola oleh pemerintah barulah taman kota.

"Kabupaten Pontianak ini luas, potensi wisatanya juga melimpah, baik itu wisata alam, kuliner, budaya dan sejarah. Namun kita belum dapat mengoptimalkan objek wisata sebagai

penghasil APBD, karena kesulitan mengembangkan potensi wisata tersebut," tuturnya.

Dengan begitu, menurut Arhanudin, wisata yang ada saat ini hampir semuanya dikelola oleh pihak swasta termasuk pengembangannya. Pemerintah daerah sendiri hanya bisa memberikan fasilitas akses transportasi dan fasilitas umum lainnya, seperti mushala, wc dan lahan parkir.