Selasa, 25 Juni 2013

Penerima BLSM Barito Selatan 2.829 RTS

Buntok, Kalteng 24/6  - Penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) atau dana konpensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, tercatat sebanyak 2.829 Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Kepala Kantor Pos Buntok Zainal Alamsyah di Buntok, Senin, mengatakan jumlah penerima BLSM sebanyak 2.829 RTS itu tersebar di enam kecamatan di wilayah Barito Selatan.

"Untuk Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 730 RTS, Dusun Utara 515 RTS, Dusun Hilir 598 RTS, Karau Kuala 583 RTS, Gunung Bintang Awai 259 RTS dan Kecamatan Jenamas sebanyak 144 RTS," kata Zainal Alamsyah.

Dikatakannya, dana BLSM itu telah disalurkan pemerintah pusat ke Kantor Pos Buntok, namun saat ini pihaknya masih menunggu Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang akan dikirimkan hari ini (24/6) dari Palangka Raya.

"Jika KPS sudah datang, maka KPS tersebut akan didistribusikan langsung kepada warga yang berhak menerimanya," katanya.

Diungkapkannya bahwa sebelum bantuan itu dibagikan kepada penerima KPS, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemkab Barsel serta kepolisian setempat untuk membuat jadwal pembayaran BLSM tersebut.

Menurutnya, pembayaran dana BLSM akan diberikan selama lima bulan berturut-turut sebesar Rp150.000 per keluarga, namun tiap RTS akan memperoleh jatah dua bulan langsung yakni senilai Rp300 ribu.

"Untuk tahap pertama, pembayaran BLSM direncanakan pada bulan Juli ini, sedangkan tahap selanjutnya dibagikan bulan September," ucap Zainal.

Teknis pencairannya, menurut Zainal, akan dibayarkan melalui kantor pos Buntok dan juga melalui komunitas artinya penerima bantuan BLSM mendatangi suatu tempat yang telah ditentukan.

"Tata cara pengambilan, penerima bantuan harus membawa KPS yang akan dibagikan tersebut," ucapnya.