Jumat, 21 Juni 2013

Fakultas Teknik Untan Terus Kembangkan Teknologi Robot

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak terus menciptakan kreativitas dalam mengembangkan teknologi diantaranya mengenai robot yang dapat diaplikasikan untuk kegiatan sehari-hari.

"Salah satunya, ditampilkan saat pembukaan Engineering Expo 2013 di Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, Kamis kemarin," kata Natalis Hengky, Ketua Tim Robot Fakultas Teknik Untan, khusus robot pembukaan Engineering Expo 2013, ketika dihubungi di Pontianak, Jumat.

Engineering Expo 2013 itu digelar untuk memperingati HUT ke-50 Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak.

Anggota tim robot itu yakni Eko, Richo, Enry Firmana, Okto, Angga, Dani dan Gusmanto. Mereka dibimbing oleh salah seorang dosen di Fakultas Teknik, Dr Ferry Hadary M Eng, yang juga sebagai wakil dekan bagian kemahasiswaan.

Natalis Hengky yang juga mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro angkatan 2010 itu menjelaskan, dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk membuat robot tersebut.

Aksi dari robot itu pada acara pembukaan Engineering Expo 2013, setelah Asisten Deputi Relevansi Program Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Deputi Bidang Relevansi dan Produktivitas Iptek, Ahmad Dading Gunadi, memberikan kata sambutan.

Robot berbentuk gadis kecil setinggi 110 cm dan berukuran badan 60 cm x 40 cm, yang mengenakan pakaian suku Dayak, bergerak dari arah bagian belakang Auditorium Untan sambil diiringi lagu Dayak.

Robot didesain menggunakan beberapa komponen elektronika, seperti LED (Light Emitting Diode) dan "photodiode" yang berfungsi sebagai sensor garis. Robot yang rangkanya dibuat dari bahan aluminium ini kemudian bergerak secara otomatis di sepanjang garis putih yang telah dipasang pada karpet merah.

Kemudian, "gadis kecil" itu memberikan pemukul gong yang dibawanya kepada Ahmad Dading Gunadi. Setelah Ahmad Dading Gunadi memukul gong sebagai tanda pameran tersebut dibuka, pemukul gong dikembalikan ke robot itu. Si robot kemudian berbalik arah dan kembali ke belakang secara otomatis.

Ia menjelaskan, robot tersebut menggunakan dua unit baterai Lippo 2,2A; 12 volt yang berfungsi sebagai pengendali dan "driver".

Motor yang digunakan memiliki spesifikasi 120 rpm, 12 volt sehingga memungkinkan robot tersebut dapat bergerak secara baik dengan kecepatan sedang.

Ferry Hadary menjelaskan, Tim Robot Fakultas Teknik Untan sudah beberapa kali berprestasi di kancah nasional. Diantaranya juara kedua tingkat nasional pada tahun 2012, serta Desain Terbaik Kategori Robot Berkaki pada tahun 2013.

"Ini membuat kepercayaan diri para mahasiswa bertambah," kata Ferry Hadary yang mengambil gelar S2 dan S3 di Jepang itu.

Sejumlah acara terkait Ulang Tahun Emas Fakultas Teknik Untan diantaranya Lomba Line Follower Robot Competion dan Lomba Pembuatan Maket yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK. Kemudian Engineering Expo, Pagelaran Budaya, Donor Darah, Sarasehan atau Temu Alumni, Jalan Sehat serta puncaknya berupa Musik Kampus yang menghadirkan Power Metal dan Jamrud.