Minggu, 19 Mei 2013

Kembangkan Pola Hidup Sehat lewat Lomba Dokter Cilik

Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerja sama dengan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah Kukar menggelar Lomba Dokter Kecil. Lomba yang baru pertama kali dilaksanakan ini digelar di Hotel Lizha, jalan Naga, Tenggarong. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, Salmon Zakaria, Sabtu (11/5).

Membacakan sambutan Bupati Kukar Rita Widyasari, Salmon mengatakan, kesehatan merupakan faktor yang sangat menentukan dan sangat penting dalam kehidupan manusia. Salah satu upaya yang sangat baik adalah dengan menanamkan prinsip-prinsip pola atau perilaku hidup sehat sejak dini kepada seorang anak.
Diharapkan, anak tersebut akan tumbuh menjadi pribadi yang memegang dan mengembangkan perilaku hidup sehat. Bahkan, dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya untuk mengembangkan pola hidup sehat. “Dengan demikian dapat kita harapkan terciptanya generasi penerus yang memiliki tingkat kesehatan yang tinggi,” jelas Salmon.

Diungkapkan Salmon, untuk mewujudkan generasi yang sehat kita memerlukan dukungan dan kerja sama semua pihak, baik orang tua, sekolah, pemerintah, serta pihak-pihak terkait. “Kita tidak dapat mengharapkan hanya satu atau beberapa pihak saja untuk mengupayakan hal tersebut. Tanpa dukungan semua pihak, akan sulit mewujudkan generasi yang menganut perilaku hidup sehat, yang ditanamkan sejak usia dini, seperti pembelajaran anak-anak usia sekolah tentang pentingnya arti kesehatan,” jelasnya.
Oleh karena itu, dia mengajak semua elemen terlibat secara aktif untuk mengampayekan pentingnya perilaku hidup sehat, agar tercipta masyarakat yang sehat demi tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara utuh. “Mari kita bersama-sama mengembangkan perilaku hidup sehat sehingga kita semua menjadi masyarakat yang sehat jasmani dan rohani,” katanya. Pembukaan Lomba Dokter Kecil diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Dokter Kecil, serta pengalungan tanda peserta lomba.