Minggu, 19 Mei 2013

Dispora Gelar Sosialisasi PSP3

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim bekerja sama dengan Dispora Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (13/5) kemarin, menggelar Sosialisasi Program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3) di Hotel Grand Elty Singgasana.

Program PSP3 merupakan program nasional yang diamanatkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Sehingga, desa mampu menjadi motivator, pelopor dalam mengembangkan kepemimpinan di daerah yang dilakukan oleh pemuda sarjana penggerak pembangunan khusus di perdesaan. “Sosialisasi PSP3 digelar untuk menyinkronkan Program PSP3 yang diamanatkan oleh Kemenpora untuk dilaksanakan di tingkat daerah baik provinsi, kabupaten, kecamatan, maupun desa,” kata ketua panitia, H Syahril.

Menurut Syahril para pemuda sarjana yang tergabung dalam PSP3 yang ditempatkan di desa, bertugas menggerakkan dan mendampingi masyarakat desa. Khususnya, yang berkenaan dengan kegiatan-kegiatan produktif di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan, termasuk membantu dan mendampingi aktivitas pemerintah desa seperti administrasi kependudukan, pajak bumi dan bangunan, maupun penataan aset. “Saya berharap melalui sosialisasi ini semua pihak dapat memahami dan memberikan dukungan penuh terhadap program PSP3, baik pelaksaaan yang dilakukan oleh provinsi maupun penempatan peserta PSP3 di desa-desa di wilayah Kukar,” ujar Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kaltim ini. 
 
Sementara itu, Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Hukum Chairil Anwar mengatakan, Pemkab Kukar sangat mendukung progam PSP3 karena pada dasarnya program tersebut dikembangkan dengan tujuan mengakselerasikan pembangunan melalui peran kepeloporan pemuda dalam berbagai aktivitas kepemudaan. Dia berharap program PSP3 secara langsung dapat berpengaruh terhadap dinamisasi kehidupan pemuda desa, pengembangan potensi sumber daya kepemudaan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan pemuda dan masyarakat desa.
Aktivitas ini sangat relevan mengingat kekayaan potensi Kukar, khususnya potensi sosial baik berbentuk budaya maupun adat istiadat yang belum sepenuhnya mendapatkan sentuhan sehingga belum bisa dimaksimalkan sebagai modal sosial penggerak pembangunan di Kukar. Di samping itu, program PSP3 ini juga sebagai upaya menumbuh-kembangkan kepeloporan dan kemandirian para pemuda. Melalui progam PSP3 ini, Bupati berharap akan dapat meneguhkan komitmen para pemuda sarjana untuk membangun kepemudaan desa.

Progam ini diharapkan menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan yang dapat memperbaiki taraf kehidupan masyarakat yang lebih baik di masa depan. Komitmen tersebut menurutnya sangat penting sebagai bagian mengurangi penumpukan SDM berpendidikan tinggi di perkotaan. Sehingga, pada gilirannya, pemuda desa dampingannya bangkit melakukan kegiatan inovasi dan produktif, sehingga desa menjadi inspirasi pembaruan dan perubahan secara nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar