Minggu, 26 Mei 2013

Kalsel Juga Miliki Kapal Perang KRI Banjarmasin

BANJARMASIN -Selain KRI Hasan Basri, perairan Kalimantan Selatan juga akan disinggahi kapal perang KRI Banjarmasin bernomor 592.

Tidak hanya sekedar singgah, KRI yang dibuat di PT. PAL Indonesia, Surabaya ini juga akan dikukuhkan sebagai kapal perang Indonesia.

"Kapal yang memakai nama daerah harus dikukuhkan didaerah sesuai namanya," ujar Komandan Lanal Banjarmasin Letkol (P) Datu Rusman saat berkunjung ke Banjarmasin Post Group, Kamis (23/5).

Kapal ini yang dirancang sebagai kapal pendukung operasi amfibi, yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya ini rencananya akan dikukuhkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL)

"Pengukuhan rencananya dilakukan di Pelabuhan Trisakti," ujar Dato.

Dato menjelaskan kapal ini juga mampu mengangkut tiga buah helikopter. Selain sebagai kapal tempur, kapal yang berteknologi desain semi-siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam.

Dato datang ke Banjarmasin Post Group bersama Komandan Lanud Sjamsuddin Noor Letkol PNB Esron Sb Sinaga.

Suasana penuh guyon dan canda tawa mewarnai silaturahmi dua pimpinan TNI dan pimpinan Banjarmasin Post Group seperti Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group, H Gusti (Pangeran) Rusdi Effendi AR, Pemimpin Redaksi, Yusran Pare, Pemimpin Perusahaan, A Wahyu Indriyanta dan petinggi lainnya.