Minggu, 26 Mei 2013

Umat Buddha Kalsel Merayakannya di Vihara Dhammasoka

BANJARMASIN -Umat Buddha memperingati Waisak 2557/ 2013, dan umat Buddha Kalsel akan merayakannya di Vihara Dhammasoka, Jalan Piere Tendean Banjarmasin, Sabtu (25/5). Tema Waisak tahun ini adalah Keteladanan Dasar Kemulian.

Kepala Vihara Dhammasoka, Bhante Saddhavira mengatakan, keteladanan memerlukan pembenahan sikap diri terlebih dulu sebelum seorang pantas menjadi contoh bagi orang lain. Pembenahan sikap diri sendiri sesungguhnya sangat dianjurkan dalam ajaran Buddha.

Pada peringatan Waisak di Vihara Dhammasoka dimulai dengan Pindapata, tradisi kehidupan Buddha menerima persembahan dana makanakan kebutuhan hidup. Bikkhu memberi kesempatan kepada umat untuk berbuat baik.

"Bhikkhu bukan meminta-minta pada prosesi itu, tetapi memberi kesempatan umat untuk berbuat baik. Acara dimulai dari pukul 08.30 Wita setelah itu dilanjutkan menyambut detik-detik Waisak tepatnya pukul 11 lewat 24 menit, 39 detik Waktu Indonesia Barat," katanya.

Sebelum tiba detik-detik Waisak itu didahului dengan do'a-do'a untuk para leluhur, kepada pahlawan. Umat berkumpul di Dhammasoka untuk memperingati detik-detik Waisak