Selasa, 08 April 2014

854 PNS Kotim Ucapkan Sumpah Janji


Kalimantan Tengah-KOTA WARINGIN TIMUR, Sedikitnya 854 pegawai negeri sipil (PNS) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah mengucapkan sumpah janji sebagai abdi masyarakat.

"Para PNS yang mengikuti sumpah janji itu dari berbagai jenjang jabatan teknis dan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotim," kata Bupati Kotim, Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Setiap PNS wajib mengucapkan sumpah/janji karena sumpah dan janji PNS itu merupakan perwujudan pengakuan kepercayaan dan penghargaan atas loyalitas kapasitas serta pengabdiannya dalam organisasi.

Dia mengatakan, sumpah/janji yang diucapkan merupakan koridor atau rambu-rambu bagi seorang aparatur negara dalam melaksanakan tugas dan menjadi suatu pertanda pegawai negeri.

Baik buruknya citra pemerintah akan terlihat sejauh mana para PNS menyelami makna sumpah/janji serta menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai nilai dan makna yang terdapat dalam sumpah/janjinya.

Sumpah dan janji PNS merupakan penyataan kesanggupan menaati kewajiban meninggalkan larangan yang telah ditetapkan. Untuk itu sumpah/janji itu perlu dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Menurut Supian Hadi, setiap PNS wajib melaksanakan tugas yang diberikan dan dipercayakan, memegang teguh komitmen dan meningkatkan kualitas pengabdian serta siap ditugaskan dimanapun berada.

Pekerjaan sebagai PNS sesungguhnya memiliki misi yang luhur, yakni menyejahterakan masyarakat.

"Apabila tujuan para PNS hanya untuk mengejar gaji, maka bukan menjadi PNS tempatnya, sebab untuk melayani masyarakat harus dimulai dengan dari niat dan disitulah letak kehormatan yang dimiliki seorang PNS," katanya.

Jika ingin mencari penghasilan yang lebih atau cepat kaya maka jangan berharap menjadi petugas PNS, sebab PNS adalah pelayanan masyarakat.

Dengan adanya sumpah janji itu diharapkan dapat dijadikan sebagai dasar meningkatkan keimanan PNS.

Apa yang telah diucapkan dalam sumpah janji bukanlah sebuah kata-kata belaka tetapi sebuah tanggung jawab dan sebuah amanah yang harus dilaksanakan.