Minggu, 02 Juni 2013

PDIP Dukung Farid-Sofyan pada Pilgub Kaltim

Samarinda   - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung Farid Wadjdy dan Sofyan Alex sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2013-2018.

"Pasangan tersebut merupakan satu dari dua opsi yang diputuskan teman-teman partai koalisi," kata Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kaltim Dody Rondonuwu ketika dihubungi dari Samarinda, Selasa.

Menurut Dody, koalisi PDIP, Partai Demokrat, Hanura, PPP, dan PKB pada pekan lalu sepakat untuk mengusung Farid Wadjdy yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Kaltim sebagai calon gubernur. Sementara untuk calon wakilnya ada dua opsi yakni Makmur HAPK yang saat ini menjabat sebagai Bupati Berau atau Sofyan Alex yang merupakan Ketua DPD PDIP Kaltim.

"Karena Pak Makmur merupakan tim sukses pasangan Awang Faroek-Mukmin Faisyal, maka saat ini opsi yang paling memungkinkan diajukan yakni pasangan Farid Wadjdy dan Sofyan Alex," katanya.

Menurut Dody, nama-nama yang diajukan sebagai cagub-cawagub pada pertemuan partai koalisi tersebut bukan mewakili partai, namun berdasarkan kesepakatan demi kemajuan Kaltim.

"Jadi, bukan karena Pak Sofyan Alex sebagai Ketua DPD PDIP, tetapi koalisi menilai beliau merupakan seorang tokoh yang memiliki komitmen kuat untuk memajukan Kaltim," katanya.

Akan tetapi, kata Dody, kesepakatan untuk mengusung pasangan Farid-Sofyan itu belum final, sebab masih akan dikomunikasikan lebih lanjut bersama partai koalisi lainnya.

"Opsi tersebut masih bisa berubah, dan kami masih punya waktu satu minggu sebelum masa pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ditutup," katanya.

Menurut Dody, PDIP dan mitra koalisinya akan menetapkan pasangan cagub-cawagub yang akan diusung dalam Pilkada Kaltim 10 September 2013 sebelum 28 Mei 2013 yang merupakan batas akhir pendaftaran pasangan calon.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Partai Demokrat Kaltim Nicolas Pangeran juga menyatakan dukungan partainya kepada Farid Wadjdy sebagai calon Gubernur Kaltim. Sedangkan untuk cawagub ada dua opsi yakni Makmur atau Sofyan Alex.

Pasangan cagub-cawagub lain yang akan mengikuti Pilkada Kaltim 2013 adalah Awang Faroek Ishak yang berpasangan dengan Mukmin Faisyal. Pejabat kini Gubernur Kaltim dan Ketua DPRD Kaltim itu diusung Partai Golkar.

Sementara itu mantan Wali Kota Balikpapan Imdaad Hamid dan Ketua DPD Partai Gerindra Kaltim Ipong Muchlissoni juga telah mendeklarasikan diri maju pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim dari jalur independen atau perseorangan.