Rabu, 19 Juni 2013

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Bantu Sepeda Motor Untuk BPBD Kapuas

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu logistik berupa dua unit sepeda motor untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kapuas, Kaidin Hakim Nasution, di Kuala Kapuas, Kamis mengatakan bantuan berupa sepeda motor trail tersebut untuk penguatan kelembagaan BPBD Kabupaten Kapuas.

"Memang saat ini logistik BPBD Kabupaten Kapuas masih belum lengkap karena baru dibentuk beberapa bulan yang lalu misalnya gudang penyimpanan logistik serta mobil double kabin untuk operasional," katanya.

Ia mengatakan pembangunan gudang logistik karena ukuran bangunan gudang yang ada saat ini untuk penyimpanan logistik masih kecil dan tidak akan mampu menampung logistik bantuan dari BNPB yang jumlahnya cukup banyak.

Sedangkan mobil double kabin diharapkan dapat mendukung kegiatan operasional menjangkau daerah-daerah yang terkena bencana.

Selain dua unit sepeda motor trail, BNPB juga membantu logistik berupa perahu kapasitas 10 orang bermesin 25 PK sebanyak 1 unit, tenda posko satu set, tenda pengungsian 3 set, lampu penerangan 5 unit.

Kemudian tenda keluarga dan solar handle lamp sebanyak 12 unit, Velbed 25 unit, Handy talky 2 unit, RIG, SSB, senter HID search light, genset 5,5 KVA dan water treatment portable masing-masing satu unit yang akan sampai dalam waktu dekat ini.

"BPBD Kabupaten Kapuas juga saat ini membutuhkan kantor yang representatif karena kantor yang ditempati saat ini merupakan aset Pemerintah Provinsi Kalteng," katanya.

Selanjutnya BPBD Kabupaten Kapuas juga membutuhkan sarana penunjang yang lain seperti menara komunikasi yang sampai saat ini juga belum ada.

Meskipun demikian, dengan kondisi keuangan yang terbatas, pihaknya sangat berharap logistik dapat dilengkapi secara bertahap oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Sedangkan anggaran untuk penanggulangan bencana pada 2013 ini sebesar Rp2 miliar dari APBD Kabupaten Kapuas.

"Sehingga kami harapkan dengan kelengkapan logistik yang akan dilakukan secara bertahap ini dapat menunjang kegiatan BPBD dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Kapuas," demikian Kaidin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar