Minggu, 02 Juni 2013

11 Warga Ikut Pelatihan Jurnalis

USAID-Indonesia, LPS AIR, bekerja sama dengan Bappeda Kabupaten Melawi, dan KINERJA mengadakan pelatihan jurnalisme warga. Pelatihan berlangsung pada tanggal 31 Mei-1 Juni 2013 di Kabupaten Melawi.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 11 peserta dari berbagai kalangan. Ada mahasiswa, aktivis LSM, pecinta fotografi dan lainnya Pelatihan di Melawi merupakan rangkaian dari kegiatan yang dilaksanakan di lima kabupaten di Kalimantan Barat.

"Di antaranya yang sudah dilakukan di Kota Singkawang, Kabupaten Sekadau, dan Melawi. Kabupaten Bengkayang dan Sambas adalah dua kabupaten pelatihan berikutnya," katanya Ahmad Syaifudin, Fasilitator Daerah Kabupaten Melawi untuk program media dari LPS AIR.

Dikatakannya, kegiatan tersebut dimaksudkan bertujuan melatih warga, untuk peka terhadap permasalahan pelayanan publik di kabupaten ini. Diantaranya, isu pendidikan dan kesehatan . Menurutnya isu pendidikan dan kesehatan penting untuk disoroti.

"Karena pentingnya peningkatan SDM dan indek pertumbuhan manusia (IPM) yang masih rendah. Apalagi dengan sejumlah potensi alam yang luar biasa besar di Melawi dan belum tergarap secara maksimal hingga kini. Misalnya potensi uranium, dan berbagai bahan tambang lainnya," katanya.

Hasan Subhi dari Yayasan Madanika yang bekerja sama dengan Kinerja-USAID terkait soal perizinan usaha dan sosial ekonomi, menyoroti soal lembaga pelayanan publik di Kabupaten Melawi.