Minggu, 19 Mei 2013

Tingkatkan Kualitas Desa

Bupati Kabupaten Tana Tidung (KTT) Undunsyah mengimbau agar pemanfaatan dan penggunaan alokasi dana desa (ADD) tahun ini dapat terserap maksimal sesuai dengan program dan berprogres tepat waktu."Ini penting, karena hanya menyisakan waktu delapan bulan kalender," papar Undunsyah di gedung Baya Bepokot, Kamis (28/3).

Lanjutnya, dengan alokasi waktu yang tersedia tersebut, semua desa harus menyadari prioritas kegiatan dan program yang harus dipacu penyelesaikannya, baik pengerjaan fisik maupun keuangan agar selesai tepat waktu tahun anggaran. Bupati juga mengimbau, kendala yang dihadapi entah bersifat eksternal maupun internal seperti cuaca, pasokan material dan hal lain, harus segera dilakukan perhitungan dengan cermat agar capaian realisasi tidak terlalu jauh dari target.

Pemkab Tana Tidung sejatinya mengakui keterbatasan sumberdaya manusia yang dimiliki utamanya para aparatur yang mengelola program tersebut.

"Kondisi SDM yang kita miliki memang masih terbatas kuantitas dan kualitasnya, namun kita terus berupaya mengembangkan kemampuan dan kapabilitas individual, jika kemampuan tersebut sudah ter-upgrade dan tersebar, artinya dapat meningkatkan kualitas secara keseluruhan semua desa," urainya.

"ADD yang terposting dalam APBD, dalam pelaksanaan dan pencapaian harus berkesinambungan, sebab akan memiliki keterkaitan dengan yang akan datang," imbuhnya.

Dalam pelaksanaan program desa dengan anggaran tahun 2013 tersebut, bupati menilai 5 poin penting yang perlu diperhatikan seperti dibebankan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). "SKPD dan desa yang berkaitan dengan program jangan mengabaikan kualitas pelaksanaan. Tetap mengedepankan efektivitas dan efisiensi setiap desa serta membuat laporan rutin administrasi maupun keuangannya, " harap Undunsyah.

Poin lain menurutnya, dalam pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan tetap memperhatikan peraturan Perundang-undangan yang ada, agar jangan sampai bergesekan dengan hukum. "Serta, di waktu yang tersedia itu, jangan hanya mengejar target semata, tapi juga kualitas yang dicapai maupun realisasinya," imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar