Minggu, 19 Mei 2013

Hari Ini MTQ Tingkat KTT Digelar

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 tingkat Kabupaten Tana Tidung (KTT), hari ini (12/3) resmi digelar. Total kontingen berjumlah 202 orang termasuk peserta dan official dari 4 kecamatan. Sebanyak 3 arena disiapkan dalam perlombaan tersebut. Selanjutnya, peserta yang berhasil keluar sebagai jawara kali ini akan diikutkan pada MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Malinau bulan Mei mendatang.

Ditemui saat meninjau disalah satu arena di Pendopo Djaparuddin, ketua panitia MTQ , Sehan M.Si menyebutkan, persiapan yang telah dilakukan pihaknya telah berjalan dengan baik. "Sudah mencapai 80 persen. Dan terus kita kebut dan matangkan konsep," ujarnya kepada Radar Tarakan, Senin (11/3) siang.

Sehan melanjutkan, persiapan juga dilakukan pada aspek penunjang acara, seperti akomodasi kontingen, transportasi, dan makanan. Untuk akomodasi, selain menyiapkan penginapan bagi kontingen, pihaknya juga menyiapkan rumah beberapa masyarakat untuk ditempati selama acara berlangsung. Transportasi pun demikian, akses mobilisasi kongtingen di ungkapkan Sehan dipastikan tersedia.

"Persiapan makanan kami telah membentuk tim, dimana melibatkan dari ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat)," urai pria yang juga Kepala Dinas dan Pengeloaan Aset (DP2A) ini. Dikatakan Sehan, persiapan maskimal yang dilakukan guna menyambut MTQ pada tahun 2014 mendatang, mengingat Tana Tidung didaulat sebagai tuan rumahnya.

"Ya, persiapan kiat harus metangkan, lancar hingga selesai. Sebab, ini juga merupakan salah satu indikator dimana KTT menjadi tuan rumah MTQ provinsi. Jadi ini mengukur progres pelaksanaan maupun peserta MTQ Tana Tidung," jelasnya. Terkait anggaran yang digelontorkan, Sehan menyebut bahwa, total biaya dalam pelaksanaan tersebut hingga selesai mencapai Rp 450 jutaan bahkan lebih untuk hal-hal biaya yang sekiranya diluar perhitungan.

Melengkapi, Sekertaris MTQ, Usman SPd merinci untuk seluruh jumlah kontingen. Kata Usaman, kontingen yang berasal dari Kecamatan Tana Lia berjumlah 55 orang, Sesayap sebanyak 65 orang, Sesayap Hilir sebanyak 65 orang dan Betayau sebanyak 17 orang. "Termasuk peserta, pelatih dan official. Sementara salah satu kecamatan baru, Muruk Rian, belum menurunkan pesertanya, mungkin di MTQ mendatang," ujarnya.

Lebih jauh Usman menerangkan, untuk akomodasi penginapan seluruh kontingen terbagi di beberapa tempat. Tana Lia akan menempati di salah satu hotel, untuk kontingen Sesayap, Sesayap Hilir serta Betayau semuanya menempati rumah masyarakat yang juga merupakan pejabat di beberapa instansi. Kalau untuk transportasi, kata Usman, rerata tiap kecamatan pihaknya telah menyiapkan 2 hingga 3 kendaraan untuk mobilisasi.

Tim kesehatan dan makanan? "Itu juga sudah kami koordinasikan dengan tim PKK yang nantinya terdiri dari 7 kelompok dan 5 orang tim kesehatan yang berpusat di Pendopo Djaparudin. Tim kesehatan ini juga akan mobiledari arena ke arena," papar Usman.

Baik Sehan maupun Usman, selain berharap dapat mensukseskan acara, pun berharap dengan MTQ kali ini, peningkatan kualitas pada peserta dapat tercipta. Hal ini dikarenakan target Tana Tidung untuk masuk 10 besar pada MTQ provinsi di Malinau yang tak lama lagi dihelat. "Ya, semoga masih dapat mempertahankan dari yang sudah ada yakni 8 besar dari 14 kabupaten kota se Kaltim," harapnya.