Minggu, 19 Mei 2013

Tertib Taat Lalu Lintas Sedini Mungkin

Pengetahuan dan ketaatan dalam berlalu lintas sejak dini merupakan hal penting untuk diajari kepada anak siswa sekolah dasar (SD). Sehingga diharapkan dengan berbekal pengetahuan tersebut seluruh siswa dapat mengaplikasikan saat telah layak mengendarai kendaraan maupun sebagai pengatur lalu lintas kelak.

Nah, pengaturan kendaraan oleh beberapa siswa SD 001 Sesayap dilakukan di perempatan jalan tepatnya di depan kantor Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT), Rabu (20/3) pagi. Ruas jalan yang diatur oleh siswa SD yang berpakaian dan mengenakan atribut layaknya petugas Dinas Perhubungan atau Polisi Lalu Lintas itu yakni, Jalan Tana Abang, Aman Tawa, Ahmad Yani serta jalan turunan mengarah ke Jalan Sudirman. Setiap jalan diisi oleh dua siswa dengan memegang papan penanda stop dan pluit untuk mencegat atau mengarahkan pengguna jalan yang salah arah.

Kepala SD 001 Nursiah mengatakan, kegiatan yang ditunjukkan oleh siswanya tersebut merupakan pendidikan patroli sekolah yang diberikan oleh sekolah yang juga berdekatan dengan kantor bupati tersebut. "Kami menempatkan mereka di pos-pos yang biasanya rawan terjadi kecelakaan, selain itu diajarkan teknik melatih penyeberangan jalan," ujarnya, kemarin.

Pengetahuan siswa secara teknis tersebut diperoleh dari hasil kerja sama dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Tana Tidung. SD 001 sendiri mengirim sebanyak 20 siswa untuk mengikuti pelatihan tersebut. "Semua yang ikut kelas 4 dan 5 saja," kata Nursiah. Para pengatur lalin cilik itu bertugas dengan sistem jam sekolah. Biasanya dilakukan beberapa jam sebelum bel sekolah berbunyi.

Wahyu, siswa kelas 4 yang ikut mengatur lalin mengaku senang bisa menjalankan tugasnya tersebut. "Senang bisa mengatur lalu lintas langsung di jalan raya," pungkasnya.