Kamis, 30 November 2023

Pura Tirta Empul

 


Meskipun pura lain di Bali mungkin lebih besar atau lebih menakjubkan, Pura Tirta Empul, yang diterjemahkan menjadi "Kuil Air Suci", memiliki ketenangan unik yang tidak dapat ditandingi. Situs sembahyang yang masih aktif digunakan ini menginspirasi umat Hindu Bali dan pengunjung yang berbeda keyakinan. 

Meskipun terdapat beberapa kuil dan bangunan lain di lokasi tersebut, ketenangan kuil paling baik terlihat di kolam persegi panjang besar di tengah kompleks. Kita akan melihat jamaah memasuki air untuk berdoa, jadi hormati adat istiadat Bali dan jangan mengganggunya. Wisatawan juga dipersilakan untuk memasuki air yang dikenal sebagai mata air pegunungan yang suci. Namun perlu diingat bahwa kita harus memasuki air dengan berpakaian lengkap (dan juga harus mengenakan sarung; sarung dapat disewa gratis di lokasi), jadi pengunjung menyarankan untuk membawa pakaian ganti.

Kuil kuno ini dapat dikunjungi sekitar jam 7 atau 8 pagi hingga jam 5 atau 6 sore. sehari-hari. Orang dewasa harus membayar sekitar 15.000 rupiah (kira-kira $1) untuk masuk, sementara anak-anak dikenakan biaya sekitar 7.500 rupiah ($0,50). Wisatawan sering mengunjungi Pura Tirta Empul dalam perjalanan ke atau dari desa Kintamani atau Gunung Kawi, situs keagamaan lainnya. Lokasi ini paling mudah dijangkau dengan mobil.