Rabu, 19 Juni 2013

Kemenag Belum Terima Surat Pemotongan Kuota Haji

KUBU RAYA - Kantor Kementrian agama (Kemenag) Kubu Raya saat ini tengah bersiap, pasalnya kuota jamaah haji Indonesia terancam berkurang lantaran dikabarkan adanya kebijakan pemerintah Saudi Arabiah mengenai kuota haji 2013.

"Belum ada panggilan dari Kakanwil mengenai kepastian pemangkasan kuota haji Indonesia. Memang isunya kita dengar bersama-sama memang ada, karena perluasan area Masjidil Haram," kata Kasi penyelanggara Haji dan Umrah Nursyahid selasa (17/6/2013).

Menurutnya jika kebijakan tersebut benar dilaksanakan, secara otomatis dapat berdampak pada kuota haji Kubu Raya saar ini kuotra haji berjumlah, 285 jamaah. "Jika dihitung katakanlah kebijakan di pangkas 20 persen maka dari 285 maka sekitar 57 calon jamaah haji yang berkurang," ujarnya Rabu (19/6/2013)

Pengurangan tersebut juga akan berdampak pada, Daftar tunggu kuota haji kubu Raya saat ini yang berjumlah, 2500 jamaah. "Kita belum melhat data pastinya namun yang ada didalam data sistim Komunikasi Haji Terpadu," imbuhnya

Upaya komunikasi dengan pihak Kementeria agama mudah-mudahan dapat menunda pemangkasan kuota Haji tersebut. "Sosialisai yang jelas kita berikan pemahaman jamaah kita. Tetapi kita juga berdoa, upaya dari mentri mudah-mudahanan bisa berhasil," jelasnya