Minggu, 30 April 2023

Perancang Busana Muda Asal Pontianak


Tione Afifaya Dumamika merupakan desainer muda berbakat asal Kota Pontianak. Dara kelahiran Pontianak, 18 April 2000 ini kian populer pasca menampilkan karyanya pada Muslim Fashion Festival 2023.

Saat ini Aya sapaan akrabnya sedang menyelesaikan studi S2-nya di Magister Desain Telkom University Bandung. Anak pertama Iwan Gunawan dan Tri Utami Sulistyowati ini juga aktif di Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA) dan Jaringan Pengusaha Nasional Indonesia (Japnas).

IKRA sendiri merupakan lembaga syariah dibawah bank indonesia dan IFC atau Indonesia Fashion Chamber. Untuk jadi anggota IKRA diperlukan kurasi. "Tentu tidak mudah, waktu beberapa kali kurasi, dari bulan maret 2022-September 2022. Setelah jadi anggota IKRA, otomatis jadi binaan Bank Indonesia dan harus mengikuti beberapa pelatihan," ujarnya.Sementara Japnas merupakan jaringan himpunan pengusaha independen sejak 2015.

Selain Muffest 2023, Aya menampilkan karyanya pada Indonesia International Modest Fashion Festival (in2motionfest) pada oktober 2022. "Mimpi yang ingin dicapai bisa berhasil dan bermanfaat untuk orang banyak. Bisa memperkenalkan Kalbar, khususnya fashion, di luar baik nasional maupun internasional," ujarnya Sabtu 15 April 2023.

Hasil karya Aya pernah dipakai Kepala Kpw Bank Indonesia Kalbar, Kepala Kpw Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Kepala Pipebi (persatuan istri pegawai bank indonesia) Lampung dan anggota. Selain itu karyanya juga pernah dikenalan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Kepala Dinas Sosial Kalbar, Kepala Kanwil BPN Sumatera Utara dan Kepala Cabang Bank BTN Karawang dan lainnya.


Biodata 

  • Nama lengkap: Tione Afifaya Dumamika
  • Tempat lahir: Pontianak
  • Tanggal lahir: 18 April 2000


Riwayat pendidikan: 

  • SDI Al-Azhar 21 Pontianak
  • SMPI Al-Azhar 17 Pontianak
  • SPK SMA Pribadi Bilingual Boarding School Bandung
  • Perguruan Tinggi Telkom University Bandung
  • S1 Kriya Tekstil dan Mode
  • S2 Desain


Nama orangtua : 

Ayah : Iwan Gunawan

Ibu : Tri Utami Sulistyowati

Pekerjaan orangtua: 

Ayah : Wiraswasta

Ibu : Wirausaha


Nama saudara kandung: 

Tione Daffaxa Dumamika

Tione Azharaesar Dumamika


Akun media sosial

Instagram: tioneafifayaa

Facebook: Tione Afifaya Dumamika.