Selasa, 15 Mei 2018

Apa Saja Kemampuan Yang Harus Dipunyai Anak Menurut Para Ahli

Sepuluh hingga dua puluh tahun mendatang, ada lebih dari 50% jenis pekerjaan yang akan digantikan oleh automasi atau teknologi. Termasuk diantaranya pekerjaan seperti auditor, paralegal, telemarketer, teller, dan masih banyak lagi. Para ahli juga memperkirakan munculnya jenis pekerjaan baru yang saat ini belum ada.

Apa dampaknya untuk anak Anda? Tentu banyak! Boleh jadi apa yang menjadi profesi andalan saat ini tidak lagi dibutuhkan pada masa mendatang, sehingga orangtua “jaman now” harus pintar melihat peluang dan mengembangkan bakat anak supaya dapat bersaing di masa depan.

Jika ada banyak pekerjaan masa kini yang hilang di masa depan, apa yang bisa Anda siapkan untuk anak Anda?

Para ahli yang tergabung dalam P21 atau organisasi yang berfokus pada perkembangan abad 21 melansir jenis keahlian yang akan dibutuhkan di masa depan untuk menghadapi era automasi, diantaranya adalah:

Kreatifitas
Kemampuan berpikir kritis
Kolaborasi
Komunikasi
Kompetensi lintas budaya
Dari kelima kemampuan di atas, ada beberapa hal yang bisa orangtua bisa lakukan untuk mendukung perkembangan Anak. Salah satunya mempersiapkan mereka untuk mahir berbahasa Inggris sejak dini. Hal ini karena tiga dari komponen di atas melibatkan bahasa Inggris untuk menguasainya, yaitu kolaborasi, komunikasi, dan kompetensi lintas budaya.