Selasa, 20 Mei 2014

Tiga Penambang Tewas Tertimbun



Tiga penambang meninggal dunia akibat tertimbun tanah saat melakukan aktivitas PETI pada Senin (19/5/2014) malam di Dusun Pempadang, Desa Kayuara, Kecamatan Mandor.

Ketiga penambang PETI adalah Siswanto alias Wanto(27), Dedi (27) warga Dusun Kayuara, Desa Kayuara Kecamatan Mandor dan Suryono (30) warga Dusun Pana Desa Sumsum Kecamatan Mandor.

Kapolsek Mandor Iptu R Pahlawan menuturkan peristiwa kecelakaan kerja terjadi pada Senin (19/5/2014) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

"Kita mendapat informasi ada warga tertimbun tanah longsor, kemudian sekitar tujuh anggota langsung ke TKP," ujarnya, Selasa (20/5/2014).

Dikatanya lagi, sesampai di sana, ternyata warga tersebut adalah para pekerja dompeng yang tertimbun tanah.




Tiga penambang saat beraktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) tertimbun tanah longsor sekitar 3 jam. Korban tertimbun pada 20.00 WIB dan baru berhasil dievakuasi pada pukul 23.00 WIB.

"Ketiga korban baru di temukan pada tengah malam dan pagi hari, Siswanto dan Dedi ditemukan sekitar pukul 23.00 WIB dan Suryono pada pagi hari sekitar pukul 05.30 WIB," kata Kapolsek Mandor Iptu R Pahlawan

Ia mengatakan, setelah korban ditemukan, lokasi langsung diberi police line dan beberapa mesin dompeng serta perlengkapannya diamankan ke Mapolsek.

Sementara dua pemilik dompeng, DS dan AA warga Dusun Pempadang, Desa Kayuara Kecamatan Mandor diamankan untuk diperiksa dan sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Sementara lima rekan kerja korban, nantinya akan diperiksa sebagai saksi, namun saat ini belum dilakukan karena masih dalam suasana berduka," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, tiga penambang meninggal dunia akibat tertimbun tanah saat melakukan aktivitas PETI pada Senin (19/5/2014) malam di Dusun Pempadang, Desa Kayuara, Kecamatan Mandor.

Ketiga penambang PETI adalah Siswanto alias Wanto(27), Dedi (27) warga Dusun Kayuara, Desa Kayuara Kecamatan Mandor dan Suryono (30) warga Dusun Pana Desa Sumsum Kecamatan Mandor.