Selasa, 25 Juni 2013

Kotabaru Tanam 2.000 Pohon

Kotabaru, ( Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru, Kalimantan Selatan, menanam 2.000 pohon pucuk merah (Syzygium Oleana) di kawasan Batu Belinkun, Sebelimbingan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Kotabaru, Hj Maslenawati di Kotabaru, Senin, mengatakan, rencana penanaman pohon bunga pucuk merah akan dipusatkan di Batu Belikun, yang merupakan rencana pusat perkantoran dan perumahan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kita pilih kawasan tersebut, karena tempatnya yang strategis, dan tanahnya subur," ujarnya

Selain bunganya yang indah, juga berfungsi untuk menjaga kelestarian alam, dan mempercantik kawasan Batu Belinkun.

Ia berharap kepada masyarakat Kotabaru untuk bisa menjaga kelestarian alam dengan cara menanam pohon disekitar tempat tinggalnya.

Sebelumnya Bupati Kotabaru, H Irhami Ridjani, mengemukakan, bibit pohon pucuk merah tersebut akan ditanam di sepanjang daerah perkembangan baru di Sebelimbingan.

Menurut Irhami, pohon pucuk merah adalah jenis tanaman hias yang baru saja dikembangkan di beberapa daerah di Indonesia.

Pohon pucuk merah tersebut, bantuan dari perusahaan batu bara PT Adaro, di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Pucuk merah memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan tanaman bunga yang lainnya.

Dengan pohon pucuk merah, Irhami berharap, dapat mempercantik kawasan kota yang baru di Sebelimbingan.

Saat ini, Pemkab Kotabaru tengah mempersiapkan Sebelimbingan menjadi pusat perkantoran dan perkotaan Kotabaru.

"Sebelimbingan merupakan kota lama yang kini telah dilupakan, dan tidak salahnya jika kini pusat perkantoran diarahkan ke daerah tersebut," ucapnya.

Sementara itu, diperoleh informasi pohon pucuk merah (Syzygium oleana), adalah sejenis tanaman perdu yang tidak sepopuler anthurium atau sejenisnya.

Bentuk daun pucuk merah tidak sevariatif tanaman hias populer, seperti anthurium.

Warnanya hijau muda, bentuknya kecil sedikit memanjang, dengan batang yang kecil, hampir sama seperti tanaman perdu pada umumnya, namun saat ini sudah menjadi trend tanaman hias.

Keistimewaan dari tanaman ini adalah ujung daun mudanya yang berwarna oranye dan merah. Tidak heran apabila tanaman ini lalu dikenal dengan nama pucuk merah.

Tajuk tanaman muda yang baru tumbuh akan menyembul indah di sela-sela daun yang menghijau, seperti layaknya bunga di antara dedaunan.

Tanaman berdaun unik ini masih termasuk ke dalam family yang sama dengan tanaman cengkih. Bila diperhatikan, bentuk tajuk dan daunnya pun sangat menyerupai tanaman cengkih.