Rabu, 19 Juni 2013

DPRD Kalimantan Barat Minta Penyaluran Kartu Perlindunan Sosial Tepat Sasaran

PONTIANAK - Anggota DPRD Provinsi Kalbar Komisi D, Drs Nicodemus Toun MM berharap penyaluran , Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sebagai kompensasi bagi masyarakat miskin terkait rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) tepat sasaran dan efektif.

"Hal yang sangat penting yakni bagaimana KPS itu sampai langsung ke penerima KPS dengan cepat dan tepat sasaran," ujarnya saat  Rabu (19/6/2013).

Menurutnya, Kantor Pos yang ditunjuk sebagai penyalur KPS kepada yang berhak, ada baiknya menyerahkan KPS itu langsung ke warga-warga penerima tanpa melewati perantara atau pihak ketiga. Hal itu penting dilakukan agar petugas Kantor Pos mengetahui jelas tingkat persentase penerima KPS di Kalbar. Selain itu, kecurangan juga dapat ditekan.

"Dengan menyalurkan langsung KPS kepada yang berhak, maka harapan mendapat bantuan sangat besar," tandasnya.

Dilanjutkan, pengawasan terkait distribusi KPS dan penyaluran BLSM harus dilakukan oleh dinas-dinas terkait agar program BLSM berjalan dengan efektif dan efisien. Komponen masyarakat, termasuk insan pers juga turut mengawasi supaya BLSM tersalurkan dengan tepat dan lancar.