Minggu, 16 Juni 2013

Disdik Kotim Tegaskan Masuk SD Gratis

Kalimantan Tengah - KOTAWARINGIN TIMUR,   Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah menegaskan bahwa penerimaan peserta didik baru Sekolah Dasar tidak dipungut biaya alias gratis.

"Penerimaan murid SD, mulai dari pengambilan formulir dan keperluan lainnya dalam proses penerimaan siswa baru itu tidak dipungut biaya," tegas Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikkan Kotim, Abdul Kadir di Sampit, Sabtu.

Seluruh sekolah sudah mendapat bantuan dari pemerintah untuk biaya operasional, termasuk penerimaan peserta didik baru sehingga tidak boleh lagi dibebankan kepada orang tua calon murid baru.

Jika ada sekolah yang memungut biaya masuk, orang tua murid diminta melihat masalahnya dan meminta penjelasan untuk apa biaya tersebut. Jika itu untuk pembelian formulir atau keperluan lainnya yang sudah dibiayai pemerintah, tidak diperbolehkan ada pungutan.

"Kecuali untuk pembelian pakaian, sepatu atau perlengkapan masing-masing siswa, itu memang tidak ditanggung sekolah. Tapi kalau untuk pendaftaran semua gratis," kata Abdul Kadir.

Menurut data yang ada, saat ini terdapat 355 unit SD tersebar di 17 kecamatan di Kotim. Jumlah sekolah tersebut belum termasuk swasta yang jumlahnya juga tidak sedikit.

Dinas Pendidikan berulang kali menegaskan bahwa penerimaan peserta didik baru tidak dipungut biaya karena setiap tahun masih ada keluhan tentang adanya pungutan.

Karena itu Dinas Pendidikan ingin memperjelas bahwa proses penerimaan murid baru tingkat SD digratiskan, sedangkan keperluan lainnya seperti seragam sekolah dan lainnya diserahkan kepada pihak sekolah dan orang tua murid.

Sementara sekolah swasta di Kotim sebagian sudah menerima murid baru tahun ajaran 2013/2014 seperti di Sekolah Dasar Islam Terpadu Arafah Sampit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar