Minggu, 26 Mei 2013

Tanbu Rujukan Survei PNBP Pertambangan

BATULICIN -Kabupaten Tanahbumbu menjadi daerah rujukan tim bentukan Kementerian Keuangan berasal dari Universitas Indonesia dan Bank Dunia.

Kehadiran tim itu di Tanbu untuk melakukan survei pengelolaan penerimaan daerah dari sektor pertambangan. Survei tim sekaligus mencari format terbaik pola penerimaan negara bukan pajak (PNBP) khusus bidang pertambangan.

Apabila pola yang diterapkan di kabupaten Tanahbumbu saat ini dinilai baik dibanding daerah lainnya. Maka tim itu akan merekomendasikan pola tersebut diusulkan kepada Kementerian ESDM untuk diterapkan di seluruh Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tanahbumbu, Dwijono, untuk di Kalsel yang terpilih disurvei tim itu, Kabupaten Tanahbumbu dan Kotabaru. Tim survei itu juga akan meneliti pola PNPB di Sulawesi, Papua dan Sumatera.

"Sementara ini tanggapan dari tim itu positif. Bahwa selama ini pola yang kita terapkan PNPB cukup diakui. Sangat minimal sekali terjadinya kebocoran-kebocoran dibandingkan ala PKP2B," katanya