Senin, 06 Mei 2013

Pemkab Kutai Bangun Pusat Perkantoran Dan Bisnis

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, membangun Royal World Plaza (RWP) yang akan dijadikan kawasan perkantoran dan bisnis.

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, saat meninjau lokasi pembangunan RWP, Senin, mengatakan, pembangunan pusat perkantoran dan bisnis di pinggir Sungai Mahakam itu mulai dilaksanakan pada akhir Mei 2013.

"Kami berharap, pembangunan pusat perkantoran dan bisnis ini bisa rampung tepat waktu yakni dua tahun sejak dimulai pembangunannya pada akhir Mei 2013. Sesuai penyampaian kontraktor pelaksana dari PT Citra Gading Asritama, 'peluncuran awal' gedung RWP ini sudah bisa dilaksanakan pada Juli 2014," ungkap Rita Widyasari.

Pembangunan kawasan bisnis dan perkantoran itu lanjut dia dilaksanakan melalui sistem BOT (built, operate dan Transfet) atau Bangun Guna Serah.

"Dengan demikian, tidak ada penggunaan dana APBD dalam pembangunan RWP karena akan dibiayai langsung oleh PT Citra Gading Asritama, selaku investor sekaligus pengembang. Dalam pola ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara hanya menyiapkan lahan sementara seluruh biaya pembangunan murni dari investor," katanya.

Perjanjian kerjasama investasi Bangun Guna Serah itu akan berjalan selama 30 tahun yang akan dikelola oleh PT Citra Gading Asritama setelah itu RWP akan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sementara, Manajer Operasional PT Citra Gading Asritama Purwanto mengatakan, proyek RWP saat ini sudah memasuki tahap 'land clearing' atau pematangan lahan dan pembuatan sarana pembautan tiang pancang yang sudah dilakukan sejak tiga minggu lalu serta penentuan titik posisi bangunan yang saat ini sudah ditetapkan.

Setelah itu, pihaknya akan membuat sendiri tiang pancang lalu dipasang.

"Ada 8.600 titik pemancangan, diperkirakan pemancangan ini selesai dilakukan sekitar empat bulan," ujar Purwanto.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembuatan pondasi langsung dan bangunan utama, yakni empat lantai untuk komersil atau mal, serta tujuh dan sebelas lantai digunakan untuk perkantoran.

"Pembangunan RWP nanti bisa menyerap 1.200 pekerja," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar