Senin, 06 Mei 2013

Pemkab Barut Salurkan Bantuan Sapi Dan Kambing

Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dijadwalkan pertengahan Mei 2013 menyalurkan bantuan ratusan ekor ternak sapi dan kambing untuk masyarakat setempat.


"Bantuan bibit Ternak sapi dan kambing ini disalurkan untuk digulirkan kepada masyarakat guna mewujudkan swasembada daging tahun 2014," kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara (Barut), Iwan Fikri di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Iwan, bantuan sebanyak 187 ekor sapi yang terdiri dari 66 ekor sapi dan 33 ekor kambing itu berasal dari pemprov Kalimantan Tengah, selain itu 33 ekor sapi potong juga dari dana APBN.

Ratusan ekor sapi dan kambing itu akan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Barito Utara, Achmad Yuliansyah di Desa Transbandep Kecamatan Teweh Selatan.

"Penyerahan bantuan sapi kepada sejumlah kelompok tani budidaya ternak adalah sebagai tindak lanjut dari program pemerintah pusat dalam pengembangan peternakan di Kabupaten Barito Utara," kata Iwan.

Dia mengatakan, saat ini ada beberapa kelompok tani yang telah berhasil mengembangbiakkan ternak sapi seperti di wilayah Dusun Rapen Kecamatan Teweh Tengah dan Desa Liju Kecamatan Teweh Timur, Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan.

Populasi ternak sapi di sejumlah tempat di Kabupaten Barito Utara saat ini sekitar 3.000 ekor yang semuanya berasal dari bantuan pemerintah.

"Dalam program swasembada ternak bukan saja melakukan penyaluran kepada masyarakat petani tetapi juga menggalakan program sapi betina, artinya setiap petani yang ingin menjual ternaknya harus diketahui oleh dinas peternakan terutama pada sapi betina," jelasnya.

Kebutuhan daging sapi potong pada salah satu kabupaten di pedalaman di Kalteng ini mencapai 202.605 kilogram per tahun. Untuk memenuhinya, dari ternak masyarakat setempat 103 ekor, dan sebagian besar dari luar daerah seperti Kalimantan Selatan yang mencapai 936 ekor per tahun.