Kamis, 23 Mei 2013

Disperindagkop Jamin Ketersediaan Sembako Aman

PALANGKA RAYA -  Menjelang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terlebih lagi pada Bulan Suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri. Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palangka Raya menjamin ketersediaan komoditas sembilan bahan pokok di daerah tetap aman. "Kami akan terus mengawal ketersediaan sembako untuk mencegah terjadi kelangkaan di pasaran, ucap Kepala Disperindagkop Kota Palangka Raya Djuan saat dibincangi Kalteng Pos saat dibincangi Kalteng Pos di Halaman Balai Kota Jalan Tjilik Riwut Km 5, Senin (20/5) pagi. Dijelaskan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya kelangkaan bahan-bahan pokok menjelang kenaikan bahan bakar minyak maupun akan memasuki bulan suci Ramadhan karena stok masih melimpah dan tidak ditemukan oknum agen distributor yang menimbun kebutuhan pangan. 

Saat ini pun, pendistribusian bahan pokok dari luar daerah masih berjalan lancar hingga masuk ke sejumlah pasar tradisional di Kota Cantik Palangka Raya, jelasnya. Dikatakan, lancarnya pendistribusian bahan pokok dari luar daerah, karena adanya kerjasama dan pengertian yang baik terutama dari agen distributor yang bisa membantu pemerintah daerah dalam penyediaan pangan dengan tidak menimbun kebutuhan bahan pokok. Ada sejumlah harga komoditas pangan menurun akibat ketersediaan pasokan yang melimpah di pasaran. 

Kita juga menjamin ketersediaan pangan untuk kebutuhan selama puasa dan lebaran tidak akan ada masalah dan jika pun ada kenaikan harga, masih dalam batas kewajaran, katanya. Ditambahkan, apabila terjadi lonjakan harga-harga bahan pokok, pihaknya akan melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga agar masyarakat berpenghasilan ekonomi kecil mampu membeli bahan pokok. Akan tetapi pihaknya tetap melakukan pengawalan dan pengawasan serta evaluasi dan pelaporan untuk mencegah kelangkaan pangan. 

Pada intinya Pemerintah Kota (Pemko) harus menjaga stabilitas harga dan kecukupan pangan serta meningkatkan kelancaran arus barang, paparnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar