Kamis, 23 Mei 2013

Banyak Makanan Mengandung Zat Berbahaya

PALANGKA RAYA-Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan oleh Badan Pelaksanaan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kota Palangka Raya, banyak makanan belum siap saji yang mengandung zat berbahaya. Maka, agar tercipta hidup sehat di lingkungan warga Kota Palangka Raya dan terhindar dari zat-zat tersebut, BPPKP Kota Palangka Raya mengadakan Sosialisasi Keamanan Pangan Segar. Pada acara yang dihadiri sekitar 50 orang tersebut, mereka diajak untuk lebih mengetahui tentang makanan yang tidak menganduk zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, seperti zat formalin dan pestisida. Sebab zat-zat seperti itu lebih cendrung berada pada sayur-sayuran, buah-buhan dan ikan basah..

Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan di Kota Palangka Raya sudah banyak makanan yang belum siap saji yang telah mengandung zat berbahaya, oleh karena itu BPPKP melakukan penyuluhan ini,  ungkap Kepala Dinas Kota Palangka Raya Melati Fauziah. Menurutnya, berdasarkan hasil dari hasil tes yang dilakukan sudah menunjukkan ada zat formalin dan pestisida. Meskipun masih diambang batas. Akan tetapi kalau di konsumsi setiap hari, pastinya akan berbahaya untuk tubuh. Lanjutnya, kepada pembeli ataupun konsumen seperti ibu-ibu rumah tangga yang mengurusi makanan untuk keluarganya, agar selalu berhati-hati untuk memilih makanan yang aman untuk keluarga. Misalnya dalam memilih ikan, lebih bagus yang ada lalatnya. Sebab kalau ada lalatnya di pastikan ikan itu tidak ada formalinnya. 

Sedangkan untuk sayuran-sayuran sendiri jangan memilih yang terlalu mulus, sebab sayuran atau buah-buahan yang terlihat mulus tanpa ada cacat. Biasanya pada saat di produksi banyak sekali di semprotkan pestisida, katanya. Disamping itu, diharapkannya untuk para petani khususnya binaan dari BPPKP agar tidak sering menyemprotkan pada produknya, seperti sayur-sayuran dengan menggunakan pestisida. Sebab kalau kebanyakan melakukan penyemprotan, dipastikan sayuran itu tidak aman untuk dikonsumsi. ,Walau pun sudah dicuci dengan air yang bersih dan mengalir, untuk zat itu sendiri tidak akan hilang. Hanya saja dengan mencuci menggunakan air yang mengalir akan mengurangi zat berbahaya tersebut,,ulasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar