Senin, 06 Mei 2013

82 Koperasi Sanggau Masuk Daftar Merah

Sebanyak 82 dari 351 koperasi di Kabupaten Sanggau, Kalbar, masuk dalam daftar merah karena bermasalah dalam manajemen dan keanggotaannya.

"Dari 351 koperasi yang ada di Kabupaten Sanggau, 82 Koperasi diantaranya masuk dalam catatan merah. Hal itu karena beberapa faktor, di antaranya sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki belum sepenuhnya mampu mengelola koperasi," kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sanggau, Lasito, Minggu.

Ia mengatakan, Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sanggau pernah melakukan pelatihan koperasi di Kabupaten Sanggau, namun pelatihan itu diprioritaskan kepada bidang-bidang tertentu.

"Jadi bukan jarang, hanya kita lakukan dengan beberapa prioritas bagi koperasi yang ada. Tapi kita akan tetap melaksanakan sesuai dengan program yang telah ada dan menyesuaikan pencapaian apa yang ditargetkan pada tahun 2012," tuturnya.

Lasito menambahkan, untuk program tahun 2012, pihaknya lebih kepada upaya pelatihan yang sifatnya permodalan, karena ada beberapa koperasi yang baru, sehingga perlu diberikan pemahaman agar roda koperasi berjalan dengan baik.

Sementara untuk tahun 2013 nantinya, agenda yang akan dikerjakan Disperindagkop dan UKM dengan prioritas lain lagi. Dengan kata lain akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Untuk tahun 2013 direncanakan program penguatan kelembagaan, usaha maju, dan lebih ke aspek usaha. Untuk penanganan koperasi bermasalah, pihaknya telah mempersiapkan langkah inventarisasi masalah seperti keanggotaan, tidak ada usaha dan banyak hal-hal lainnya yang perlu mendapat perhatian serius untuk dilakukan pembinaan.

"Kita inventaris dulu, masalahnya apa. Kalau tidak ada perbaikan setelah dilakukan pembinaan maka bisa saja akan kita tutup usaha koperasinya," kata Lasito. (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar